Sabtu, 11 Februari 2012

Sejarah Singkat Pulau Tidung


Pulau Tidung
Pulau Tidung diambil dari nama tempat yang ada di daerah Kalimantan Timur desa malinau yaitu "tanah tidung"diambilnya nama "tidung" karena yang memberi nama adalah seorang Raja dari suku Tidung yang diusir oleh kolonial belanda karena tidak mau diajak kerjasama. nama dari Raja tersebut adalah Raja Pandita alias Kaca alias Sapu. setelah diusir dari tanah tidung Raja Pandita melanglang buana sampai ke Jepara lalu beliau hijrah hingga akhirnya sampai di sebuah pulau yang sekarang dikenal dengan namaPulau Tidung.


Dari sekian ratus Tahun masyarakat Pulau Tidung tidak ada satu orang pun yang mengetahui bahwa Raja Pandita adalah seorang Raja dari Kalimantan Timur karena selama beliau singgah di Pulau Tidung beliau tidak pernah membawa gelarnya sebagai raja beliau hanya dikenal dengan sebutan "Kaca". Sampai meninggalnya pun Kaca hanya dikenal sebagai masyarakat biasa yang tidak beda dengan masyarakat lainnya.

Pada suatu hari datanglah sekelompok keluarga Raja Pandita dari Kalimantan dan mencari tahu tentang pulau ini mengapa bernama Pulau Tidung? singkat cerita keluarga Raja Pandita dari Kaltim bertemu dengan keluarga Kaca di Pulau Tidung  ketika keluarga Raja Pandita Bertanya kepada keluarga Kaca dan ternyata menurut kelurga Raja Pandita bahwa Kaca adalah nama kecil Raja Pandita sebelum diangkat dari Raja. dan akhirnya keduanya mengambil kesimpulan bahwa nama Pulau Tidung di beri nama dari Raja Pandita yang berasal dari tanah tidung Kalimantan Timur.

4 komentar:

  1. cerita yang menarik, kapan2 upload fotonya donk

    BalasHapus
  2. terima kasih masukkannya, ya nanti di upload photo2nya....

    BalasHapus
  3. Wah, thanks banget infonya..jadi ngerti nih, asal muasal nama pulau tidung. :D

    BalasHapus

silahkan tulis komentar dengan baik dan benar, jangan spam yaa :)