Senin, 23 April 2012

Acungan Jari Tengah Foke menuai kritikan


Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengacungkan jari tengah saat berfoto dengan kelompok band pada suatu event di senayan, jakart minggu (15/4) lalu, hal itu dinilai sangat tidak pantas dilakukan seorang pemimpin Masyarakat.

 Sejumlah kritikan pun mulai berdatangan,  salah satunya dari ketua IBSW yang menganggap tindakan Foke (sapaan akrab Fauzi Bowo) mengacungkan jari tengah di depan publik tidak baik mengingat diri-nya sebagai pemimpin, seperti dikutip gatra.com "Mengacungkan jari tengah dalam penilaian publik dimaknai sebagai ekspresi pamer superioritas. Sedangkan publik internasional memahami aksi mengacungkan jari tengah sebagai ungkapan seronok simbol alat kelamin," tegas Ketua Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika, di Jakarta, Rabu (18/4).

Menurut Nova, seharusnya Foke tidak melakukan hal tak terpuji itu kepada publik. Selain seorang pejabat, Foke juga dipastikan mengerti arti acungan jari tengah itu. Karena foke pernah mengenyam bangku pendidikan di luar negeri. “Dia juga sering bepergian ke luar negeri, tentu memiliki pemahaman yang mapan pada pergaulan internasional terkait arti dan praktik sikap mengacungkan jari tengah” ungkapnya.

Selain Nova, Hidayat Nurwahid cagub DKI dari PKS ini pun angkat bicara soal jari tengah Foke. Menurutnya aksi tersebut tidak sensitif.
"Semestinya pemimpin itu sensitif dengan apa yang ada di masyarakat, mana yang pantas dan tidak pantas," kata Hidayat kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Menurut Hidayat, seharusnya Foke memahami arti dari acungan jari tengah yang diperagakannya. Kalaupun Foke tidak paham, maka Hidayat menilai seharusnya ada konfirmasi dari yang bersangkutan.

"Tapi kalau beliau mengatakan bahwa beliau tidak tahu, tidak faham, apa itu hanya bercandaan ya monggolah. Mungkin beliau akan memberi klarifikasi pembelaan diri. Saya kira itu hak beliau," ujarnya.

Pengamat politik Universitas Indonesia, Iberamsjah juga menambahkan seorang gubernur seharusnya mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan mengacungkan jari tengah. "Kalau di negara barat mengacungkan jari tengah berarti penghinaan," imbuhnya.
(sumber: gatra.com, detik.news.com, okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar dengan baik dan benar, jangan spam yaa :)